Katakerja, Bentuk “i”, Bentuk “-masu”

Di pelajaran kali ini kita akan membahas katakerja. Dalam bahasa Jepang, katakerja dibagi ke dalam 2 kelompok, yakni katakerja tak beraturan dan katakerja beraturan. Katakerja beraturan sendiri, dibagi ke dalam 3 kelompok. Maka dari itu, kita bisa mengatakan bahwa katakerja dalam bahasa Jepang dibagi ke dalam 4 kelompok.

Kelompok pertama adalah katakerja tak beraturan. Mengapa tak beraturan? Sebab perubahannya tidak mengikuti pola tertentu, sehingga sulit “diprediksi”. Untungnya, katakerja tak beraturan ini hanya ada dua: kuru (来る/datang), dan suru (する/melakukan).

Kelompok kedua adalah katakerja suru. Katakerja ini adalah katakerja yang berasal dari katabenda yang ditambahkan suru. Contohnya: benkyou suru (勉強する/belajar). Kata “benkyou (勉強/belajar)” adalah katabenda. Namun, “benkyou suru (勉強する/belajar)” adalah katakerja. Contoh lainnya adalah: anshin suru (安心する/merasa aman).

Kelompok ketiga adalah katakerja ichidan. Katakerja ini ditandai dengan tiga huruf terakhirnya, yakni “iru” atau “eru”. Harap dipahami bahwa tiga huruf terakhir di sini mengacu kepada tulisan si katakerja dalam romaji alias huruf latin, bukan dalam hiragana atau katakana. Yang artinya, bisa saja dalam hiragana-nya katakerja tersebut tidak diakhiri dengan iru atau eru, melainkan, misalnya, riru, miru, shiru, keru, meru. Contoh katakerja yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah “kariru (借りる/meminjam)” dan “kangaeru (考える/memikirkan)”.

Kelompok keempat adalah katakerja yodan, atau katakerja godan. Gampangnya, katakerja yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah yang tidak termasuk ketiga kelompok sebelumnya tadi. Atau bisa juga, katakerja yang dalam hiragana-nya diakhiri oleh huruf u (う), atau tsu (つ), atau ru (る), atau bu (ぶ), atau mu (む), atau nu (ぬ), atau ku (く), atau gu (ぐ). Contoh katakerja yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah “au (会う/bertemu)”, “matsu (待つ/menunggu)”, “okoru (怒る/marah)”, “yobu (呼ぶ/memanggil)”, “nomu (飲む/meminum)”, “shinu (死ぬ/mati)”, “kaku (書く/menulis)”, “oyogu (泳ぐ/berenang)”.

Bila ditampilkan dalam bentuk tabel, akan terlihat seperti ini:

Jenis Katakerja Karakteristik Contoh
Katakerja Tak Beraturan Perubahannya tidak mengikuti pola tertentu. kuru (来る/datang),

suru (する/melakukan)

Katakerja Suru Berasal dari katabenda yang ditambahkan suru di belakangnya. benkyou suru (勉強する/belajar),

souji suru (掃除する/bersih-bersih),

sentaku suru (洗濯する/mencuci pakaian)

Katakerja Ichidan Dilihat dari romaji-nya, katakerja ini diakhir oleh iru atau eru. okiru (起きる/bangun), taberu (食べる/makan), kariru (借りる/meminjam), oboeru (覚える/mengingat)
Katakerja Godan/Yodan Tidak termasuk ke dalam ketiga kelompok sebelumnya. Atau, katakerja yang dalam hiragana-nya diakhiri oleh huruf u, tsu, ru, bu, mu, nu, ku, gu. kau (買う/membeli), motsu (持つ/memiliki), ogoru (奢る/mentraktir), asobu (遊ぶ/bermain), kamu (噛む/menggigit), shinu (死ぬ/mati),

yaku (焼く/memanggang),

isogu (急ぐ/bergegas)

 

Bentuk “i”

Pengelompokan di atas berguna untuk pengenalan perubahan katakerja. Salah satu perubahan katakerja dalam bahasa Jepang adalah bentuk “i”. Aturannya terjabarkan di bawah ini:

#katakerja tak beraturan

Sebab katakerja yang termasuk ke dalam kelompok ini hanya dua, mengenali perubahannya sangatlah mudah. Kata “kuru (くる)” berubah menjadi “ki (き)”; kata “suru (する)” berubah menjadi “shi (し)”.

#katakerja suru

Sebab katakerja ini dibentuk oleh katabenda yang ditambahkan suru di belakangnya, maka perubahannya tinggal mengikuti perubahan suru di atas, yakni dari “suru (する)” menjadi “shi (し)”. Katabenda di depannya sama sekali tidak mengalami perubahan. Contoh: “benkyou suru (勉強する)” menjadi “benkyou shi” (勉強し).

#katakerja ichidan

Perubahannya sederhana: hapus atau hilangkan huruf ru (る) di akhir kata.

#katakerja godan/yodan

Untuk yang satu ini, cukup ubah huruf di akhir kata ke bentuk “i”-nya dalam daftar hiragana. Misalnya, jika huruf terakhirnya adalah ku (く), cukup diubah menjadi ki (き), sebab ki (き) adalah bentuk “i” dari ka-ki-ku-ke-ko (か-き-く-け-こ).

Perubahan katakerja dari bentuk asal alias bentuk kamus ke bentuk “i” ini bisa juga dilihat di tabel berikut:

Jenis Katakerja Asal/Bentuk Kamus Bentuk “i”
Katakerja Tak Beraturan kuru (来る)

suru (する)

ki (来)

shi (し)

Katakerja Suru benkyou suru (勉強する)

souji suru (掃除する)

sentaku suru (洗濯する)

benkyou shi (勉強し)

souji shi (掃除し)

sentaku shi (洗濯し)

Katakerja Ichidan okiru (起きる)

kariru (借りる)

taberu (食べる)

oboeru (覚える)

oki (起き)

tabe (食べ)

kari (借り)

oboe (覚え)

Katakerja Godan/Yodan kau (買う)

motsu (持つ)

ogoru (奢る)

asobu (遊ぶ)

kamu (噛む)

shinu (死ぬ)

yaku (焼く)

isogu (急ぐ)

kai (買い)

mochi (持ち)

ogori (奢り)

asobi (遊び)

kami (噛み)

shini (死に)

yaki (焼き)

isogi (急ぎ)

 

Bentuk “-masu

Salah satu tujuan kita mengubah katakerja dari bentuk kamus ke bentuk “i” adalah untuk selanjutnya mengubahnya ke bentuk “-masu”. Bentuk “-masu” sendiri, biasa disebut bentuk santun, atau bentuk lengkap. Maksudnya adalah, jika kita membuat sebuah kalimat dengan katakerja, sedangkan katakerja itu sudah dalam bentuk “-masu”, maka kalimat tersebut sudah terbilang santun, juga lengkap. Tidak begitu halnya jika si katakerja dalam kalimat itu masih dalam bentuk kamusnya.

Cara mengubahnya sendiri sangatlah mudah, yakni dengan hanya menambahkan “-masu (ます)” di belakang katakerja yang sudah berada dalam bentuk “i”. Misalnya, katakerja “taberu (食べる)”. Pertama-tama kita mengubahnya ke bentuk “i”, sehingga ia menjadi “tabe (食べ)”. Selanjutnya kita menambahkan “-masu (ます)” setelahnya sehingga kata tersebut menjadi “tabemasu (食べます)”. Selesai.

Selengkapnya bisa disimak di tabel berikut:

Jenis Katakerja Asal/Bentuk Kamus Bentuk “i” Bentuk “-masu
Katakerja Tak Beraturan kuru (来る)

suru (する)

ki (来)

shi (し)

kimasu (来ます)

shimasu (します)

Katakerja Suru benkyou suru (勉強する)

 

souji suru (掃除する)

 

sentaku suru (洗濯する)

benkyou shi (勉強し)

 

souji shi (掃除し)

 

sentaku shi (洗濯し)

benkyou shimasu (勉強します)

souji shimasu (掃除します)

sentaku shimasu (洗濯します)

Katakerja Ichidan okiru (起きる)

kariru (借りる)

taberu (食べる)

oboeru (覚える)

oki (起き)

tabe (食べ)

kari (借り)

oboe (覚え)

okimasu (起きます)

tabemasu (食べます)

karimasu (借ります)

oboemasu (覚えます)

Katakerja Godan/Yodan kau (買う)

motsu (持つ)

ogoru (奢る)

asobu (遊ぶ)

kamu (噛む)

shinu (死ぬ)

yaku (焼く)

isogu (急ぐ)

kai (買い)

mochi (持ち)

ogori (奢り)

asobi (遊び)

kami (噛み)

shini (死に)

yaki (焼き)

isogi (急ぎ)

kaimasu (買います)

mochimasu (持ちます)

ogorimasu (奢ります)

asobimasu (遊びます)

kamimasu (噛みます)

shinimasu (死にます)

yakimasu (焼きます)

isogimasu (急ぎます)

 

Kosakata

#katakerja suru

benkyou suru (勉強する/belajar), souji suru (掃除する/bersih-bersih), sentaku suru (洗濯する/mencuci pakaian), anshin suru (安心する/merasa aman), gaman suru (我慢する/menahan diri), kekkon suru (結婚する/menikah), rikon suru (離婚する/bercerai), ouen suru (応援する/mendukung), onbu suru (負んぶする/menggendong), getto suru (ゲットする/mendapatkan), tacchi suru (タッチする/menyentuh), koukai suru (後悔/menyesal), koutai suru (交代/menukar), shinpai suru (心配する/cemas), kissu suru (キッスする/mencium).

#katakerja ichidan

miru (見る/melihat), kariru (借りる/meminjam), ikiru (生きる/hidup), kiru (着る/memakai), okiru (起きる/bangun), taberu (食べる/makan), yameru (辞める/berhenti), akeru (開ける/membuka), shimeru (閉める/menutup), tomeru (止める/menghentikan), kangaeru (考える/memikirkan), oboeru (覚える/mengingat), nameru (舐める/menjilat).

#katakerja godan/yodan

au (会う/bertemu), kau (買う/membeli), you (酔う/mabuk), iu (言う/mengatakan), matsu (待つ/menunggu), motsu (持つ/memiliki), katsu (勝つ/menang), tatsu (立つ/berdiri), okoru (怒る/marah), ogoru (奢る/mentraktir), kaeru (帰る/pulang), hashiru (走る/berlari), yobu (呼ぶ/memanggil), asobu (遊ぶ/bermain), manabu (学ぶ/belajar), tobu (飛ぶ/terbang), nomu (飲む/meminum), yomu (読む/membaca), kamu (噛む/menggigit), tanoshimu (楽しむ/bersenang-senang), shinu (死ぬ/mati), kaku (書く/menulis), yaku (焼く/memanggang), kiku (聞く/mendengar), hiku (弾く/memetik), isogu (急ぐ/bergegas), oyogu (泳ぐ/berenang).

 

Tugas

Dengan bantuan kamus, carilah sejumlah katakerja dan ubahlah ke bentuk “-masu”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s